Dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan dan memperoleh gambaran mengenai kondisi lingkungan belajar di SMAN 4 Kota Serang, guru dan kepala sekolah melaksanakan pengisian Survei Lingkungan Belajar (Surlingjar) secara langsung. Kegiatan ini didampingi oleh pengawas pembina sekolah guna memastikan proses berjalan sesuai dengan standar yang ditetapkan. Survei Lingkungan Belajar ini bertujuan untuk mengukur kualitas lingkungan belajar, yang mencakup aspek fisik, psikososial, dan sosial budaya sekolah. Kegiatan ini memiliki manfaat diantaranya ; Pemetaan Lingkungan Belajar mengetahui kondisi lingkungan belajar yang aktual di sekolah, baik dari aspek fisik seperti fasilitas sekolah, maupun aspek psikososial seperti interaksi antar siswa dan guru. Penilaian Mutu Pendidikan, mengidentifikasi area yang membutuhkan perbaikan dan peningkatan guna mencapai standar mutu pendidikan nasional. Tracer Study atau Praktik Kerja Lapangan, Memantau dan mengevaluasi hasil belajar siswa serta relevansi pendidikan dengan kebutuhan dunia kerja. Rapor Pendidikan Menyediakan data yang akurat dan komprehensif untuk penyusunan rapor pendidikan SMK yang lebih baik. Melalui kegiatan ini, diharapkan dapat tercipta lingkungan belajar yang kondusif, sehingga mendukung peningkatan prestasi siswa dan mutu pendidikan di SMAN 4 Kota Serang. Dalam survei ini, sebanyak 61 guru dan 1 kepala sekolah SMAN 4 Kota Serang menjadi responden yang memberikan penilaian dan masukan mengenai lingkungan belajar di sekolah. Kuesioner ini terdiri dari beberapa aspek yang berkaitan dengan lingkungan belajar, seperti sarana dan prasarana, kurikulum, manajemen, kesejahteraan guru dan siswa, serta hubungan antara sekolah dengan masyarakat.